- MAIL MERGE
Langkah-Langkah
Mail Merge:
- Buka Ms. Word, lalu Tulislah Surat Terlebih dahulu. Yang berisikan kepada yth & Di beserta isi surat, berikut contoh suratnya:
1. (Letter) Next: Starting Document,
2. (Use the Current document ) Next: Select Recipients
3. Pilih Create a new Document >> Klik Next
6. Setelah Klik Select Address List >> Create
8. Setelah Klik Ok, akan Muncul gamabar seperti dibawah ini. Dan isilah Title Name sesuai keinginan Kalian contoh: Percobaan >> Klik Save
9. Setelah Klik Save, maka akan muncul lagi Select Address List (Filter) >> OK
- Muncullah Tampilan Create A solution >> Next
-
13. Pada tahap berikutnya >> Kliklah Edit Document14. Klik Next
- Tahap yang terakhir >> Klik Save Starting Document
- ENVELOPES
1. 1. Buka
Insert >> Klik Envelopes >> Pilih Envelopes >> Isi
Address
3. Setelah
Itu Klik Printer >> klik Insert
4.
Setelah
klik Step by Step Mail Merge Wizard >> Klik Next:
Starting Document (Envelopes)
5.
Use
The Current Document >> Klik Next: Select Recipient
6.
Tulis
“ Kepada Yth dan Di “ terlebih dahulu >> Pilih Start From
Existing Document >> Buka (Open) Document “ kepada Yt1
“ yang ada di Start From Existing Document
7.
Setelah
Itu Muncullah contoh surat dari data “ kepada Yt1 “ tadi.
8.
Klik
Envelopes yang ada di pojok kiri atas
9.
Use
an Existing List >> Klik Next: Write Your Letter
10.
Setelah
Itu Klik Next: Preview Your Letter
11.
Arahkan
Kursor di bawah kepada Yth dan di bawah Di >> Klik Insert Merge
Field >> Pilih Nama, Alamat, Kota12. Klik Complete The Merge
13.
Klik
Finish & Merge >> Edit Individual Document
14.
Klik
OK, Seperti gambar berikut:
15.
Muncul
Surat Yang sudah Dibikin Sebelumnya sebanyak yang kita inginkan,
contoh 3 surat.
- EMAIL MASSAGE
- Buka Open Office >> Klik Tools >> Pilih Mail Merge Wizard
- Setelah
Pilih Mail Merge Wizard. (Select Starting Document) >> Use The
Current Document >> Klik Next
- Tahap Ke 2 Select Document Type >> Email Massage >> Klik Next
- Tahap yang ke 3 Select Address List >> Klik Select Address List
- Setelah Select Address kebuka >> disitu akan muncul data kita sebelumnya >> Klik OK >> Klik Next
- Tahap 4: Create Solution >> Klik Next
- Tahap ke 5 : Adjust Layout (Ukurannya tidak usah di ubah, biarkan begitu saja) >> Klik Next
- Tahap ke 6: Edit Document >> Klik Next
- Setelah Klik Next muncullah tampilan berikut
- Tahap Berikutnya: personalize Document >> Pilih Whole Words Only >> Klik Next
- Tahap yang terakhir: Save, Print Or Send
- Isilah data-data yang kosong (Perlu diisi) >> klik Copy To >> Klik Send document
- Selanjutnya isilah: Your Name dan Email Address >>Replay Your Email Address >> Klik OK
- LABELS
- Bukalah File >> New >> Pilih Labels
- Setelah pilih Labels>> ubah menjadi format >> isilah ukurannya >> Klik Save
- Kembali ke icon Tools >> Pilih Mail Merge Wizard
- kita
langsung saja buka step yang ke 3 >> Select Address List >>
klik OK
- Klik View >> Klik Data Source >> Klik Percobaan >> Klik Table >> Pilh Percobaan >> akan muncul gambar berikut.
- Tahap terakhir: Klik Insert >> Klik Fields >> Klik Other >> Pilih Database >> Klik Next Record >> Klik Next >> Klik Close
Tidak ada komentar:
Posting Komentar